Selasa, 18 Desember 2007

Mengenal Tuhan

Kawan TLT mengajak saya berpikir, apakah Tuhan itu untuk ditakuti atau dicintai? Berusaha mengenal Tuhan adalah kecenderungan. Sengaja atau tidak sehari-hari kita mungkin menjelajah dunia sufi. Ini pencarian seumur hidup.

Dalam Islam, jalan mengenal Allah SWT bisa dari memahami sifatnya (asmaul husna). Sama seperti kosmos ciptaannya, sifat-sifat Allah SWT kelihatannya paradoksal. Ia menciptakan surga dan neraka, Ia maha pemaaf tapi juga penghukum. Saya sebenarnya mau coba menguraikan kenapa nya? tapi Ilmu saya belum apa-apa, ada yang merekomendasikan bukunya Sachiko Murata "The Tao of Islam". Edisi Indonesia Kt Pengantar: DR. Ratna Megawangi. Penerbit: Mizan. saya belum baca sih, idenya mungkin bisa dilihat pada artikel ini yang ditulis oleh orang yang sama

Rabiah Al Adawiyah adalah sufi yang sangat mencintai Allah, sampai-sampai ia berdoa ( ini saya quote dari wikipedia)

"O Allah! If I worship You for fear of Hell, burn me in Hell,
and if I worship You in hope of Paradise, exclude me from Paradise.

But if I worship You for Your Own sake,
grudge me not Your everlasting Beauty.”